Format rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) kelas IV mata pelajaran IPA semester dua untuk 35 menit. Mungkin anda mencari format RPP untuk bahan ajaran. Bisa dilihat dibawah ini:
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SDN MUARA JAYA II
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER : IV/2
ALOKASI WAKTU : 1 X 35 menit
A. Standar Kompetensi
· Memahami lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
B. Kompetensi Dasar
· Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (Erosi, Abrasi, banjir, longsor, Kebakaran)
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu :
· Memahami bahwa pengaruh angin hujan, matahari dapat menghasilkan perubahan yang menguntungkan dan merugikan.
· Menjelaskan berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik.
· Memahami cara mencegah erosi dan pentingnya menanam pohon bakau.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (Diligence), Tanggung jawab (responsibility) dan ketelitian (Carefulness)
D. Materi Ajar
PERUBAHAN LINGKUNGAN
· Pengaruh hujan
· Pengaruh matahari
E. Metode Pembelajaran
· Ceramah bervariasi
· Diskusi
· Tanya jawab
F. Langkah- langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
· Guru menanyakan kesiapan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini.
b. Motifasi
· Guru menyiapkan media pembelajaran, untuk memunculkan daya tarik peserta didik.
· Guru memilih satu kata, ungkapan, pertanyaan, gambar yang berkaitan dengan materi, kemudian ditanyakan kepada peserta didik.
· Guru meminta peserta didik mengungkapkan jawaban dan penjelasan singkat tentang kata dan gambar tersebut.
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Kegiatan guru dalam ranah eksplorasi :
· Guru menguraikan materi tentang perubahan lingkungan fisik (erosi, Abrasi, Banjir, longsor)
· Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan mendalam tentang topik/tema materi yang dipelajari.
· Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dalam bentuk Tanya jawab dan berpendapat.
B. Elaborasi
Kegiatan guru dalam ranah Elobrasi :
· Memberi penugasan kepada peserta didik guna mengetahui perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.
· Peserta didik membuat rangkuman mengenai hasil temuan dengan melakukan dikusi.
· Peserta didik dapat memunculkan gagasan baru, baik secara lisan maupun tertulis melalui kegiatan penugasan.
C. Konfirmasi
Kegiatan guru dalam ranah Konfirmasi :
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
· Memberikan latihan soal
· Menarik kesimpulan bahwa matahari memberikan cahaya dan panas bagi kehidupan di bumi.
· Memberikan soal pekerjaan rumah
G. Alat / Bahan Dan Sember Belajar
Buku SAINS SD Kelas IV
H. Penilaian
Indicator pencapaian kompetensi | Teknik penilaian | Bentuk instrument | Instrument / soal |
· Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik | Tugas individu dan kelompok | Laporan dan unjuk kerja | · Jelaskanlah berbagai factor penyeab lingkungan fisik |
· Menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (Angin, Hujan, Cahaya matahari) |
| Uraian Objektif | · Jelaskanlah pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (Angin, Hujan, Cahaya matahari) |
· Mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah |
|
| · Jelaskanlah cara mencegah erosi tanah |
Format Kriteria Penilaian
· PRODUK (HASIL DISKUSI)
No | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | · Semua Benar | 4 |
|
| · Sebagian besar benar | 3 |
|
| · Sebagaian kecil benar | 2 |
|
| · Semua salah | 1 |
· PERFORMANSI
No | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Pengetahuan | · Pengetahuan | 4 |
|
| · Kadang-kadang pengetahuan | 2 |
|
| · Tidak pengetahuan
| 1 |
2. | Sikap | · Sikap | 4 |
|
| · Kadang-kadang sikap | 2 |
|
| · Tidak sikap | 1 |
I. Lembar Penilaian
No | Nama siswa | Performan | Produk | Jumlah skor | Nilai |
Pengetahuan | sikap |
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai =(Jumlah skor : Jumlah Skor maksimal) X 10
· Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
Mengetahui, ………………….,…………………..
Kepala Sekolah Mahasiswa
Dra. DALANG WANATAKA WAHYUDI
NIP. 19620116 188201 2 009 NIM 819 210 409
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekilas kita mengenal RPP untukk bahan ajaran, semoga bermanfaat. (Baca:
Contoh RPP SD KELAS IV MATEMATIKA)