• Home
  • About
  • Tokoh Sastra
  • Pasang Iklan
  • Surat
  • Toko Obat

Judeg

Pasang Iklan

  • Puisi 1
    • Puisi Agama
    • Puisi Alam
    • Puisi Doa
    • Puisi Cinta
  • Puisi 2
    • Puisi Harapan
    • Puisi Kenangan
    • Puisi Kritik
    • Puisi Politik
  • Puisi 3
    • Puisi Sosial
    • Puisi Nasehat
    • Puisi Pahlawan
    • Puisi Pendidikan
  • Puisi 4
    • Puisi Lucu
    • Puisi Sedih
    • Puisi Motivasi
  • Puisi 5
    • Puisi Mantra
    • Puisi Sahabat
    • Syair
  • Kata
    • Sajak
    • Talibun
    • Pantun
    • Gurindam
  • Artikel
  • Cerpen
Home » Uncategories » webmuara

webmuara

webmuara


  • Puisi Sedapnya Aromamu Sayang
  • Bedah Puisi Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
  • Menganalisis Menafsirkan Fitur Teks Anekdot (menyunting)
  • Contoh Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak Langsung
  • Struktur dan Kaidah Teks Anekdot (pelajaran)
  • Pengertian Anekdot dan Kumpulan Cerita Lucu
  • Puisi Dongeng Palsu (keritikan)
  • Puisi Korek Api Belum Menyala (harapan)
  • Kumpulan Majas (Gaya Bahasa) Beserta Contohnya
  • Pengertian dan Contoh Biografi Otobiografi
  • Puisi Puisi Hari Sumpah Pemuda
  • Puisi Angan Semu (penyesalan)
  • Puisi Indahnya Kehidupan Tanpa Semu
  • Puisi Tanpa Harapan Karya Suryadi Acep Sunarya
  • Puisi Cita Kasih (Suryadi Acep Sunarya)
  • Puisi Sinar dan Embun Pagi (Suryadi Acep Sunarya)
  • Puisi DOA Karya Suryadi Acep Sunarya
  • Unsur Intrinsik Drama Materi Bahasa Indonesia
  • Unsur Puisi Meliputi Struktur Fisik dan Struktur Batin Puisi
  • AKU KANGEN TANAH LAMPUNG BARAT (kebun kopi)
  • Puisi Demi (religi)
  • Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Prusahaan
  • PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 (intra ekstra-kurikuler)
  • KARAKTERISTIK KURIKULUM 2013 (pendidikan indonesia)
  • Tahap-tahap Menangani Surat Masuk

Puisi Sedapnya Aromamu Sayang

Posted: 26 Jan 2014 06:35 AM PST

Beginilah punya pacar, bau parfum menyengat. Mereka sambil tertawa terbahak-bahak terhentak semilir wangi. Oh wangi benar ni cewek? aroma yang khas semerbak. Tak jauh dari sana warung toko berjejer menawarkan wangi-wangi parfum berbagai macam cara. Ini wangi aroma yang tuan cari "sedapnya aromamu sayang (sebuah puisi).


Sedapnya Aromamu Sayang

Setangkai bunga masih wangi aromamu
Sebentar lari mengecap
Terasa semerbak wangi
Hapal aku dengan aroma ini
Biar kubimbing hidung ku
Hingga nanar binar aroma

Sayang..?
Coba kutebak apakah kamu itu
Warna aroma belum juga pudar
Aku takan lupa sedap
Biginilah rasanya kau didekap
Tak asing lagi suasana
Aromamu terukir dalam helakan udara
Dalam sebuah pena kutulis wangi
Kertas putih tak ada tulisan
Hanya wangimu saja bisa hafal

Sampai saat ini aku tak bisa melupanakn aroma mu
Bagaimana mungkin aku bisa menghapus aroma mu
Disudut ruangan berhembus wangi nan semerbak
Sedap aromamu sayang




Terimakasih kepada +king jaazzman +Devi Kinal Putri +kim sa khone +Kinanti Larasati +Derek Kind +Kimberly Carter


Bedah Puisi Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik

Posted: 26 Jan 2014 04:26 AM PST

Dalam pembahasan puisi pasti menemukan unsur intrinsik dan ekstrinsik. Apa perbedaan antara unsur intrinsik dengan unsur ektrinsik? Unsur Intrinsik puisi adalah yang membentuk puisi dari dalam, yaitu tema, amanat, simbolis, musikalitas, diksi, dan gaya bahasa. Sedangkan unsur ektrinsik adalah unsur yang membentuk puisi dari luar, yaitu latar belakang penciptanya, status sosial, ekonomi, agama, budaya dan lain-lain.
Puisi adalah salah satu jenis hasil karya sastra yang penyajiannya sangat mengtamakan kegayaan kata (E.Kosasih, 2001: 172)
 

Unsur intrinsik puisi, antara lain:

1.Tema
Tema juga merupakan gagasan pokok yang diungkap dalam sebuah puisi. Tema puisi bisa berupa perjuangan, percintaan, lingkungan hidup dsb.

2.Rasa atau perasaan
Rasa adalah ungkapan atau ekspresi penyair yang dituangkan ke dalam puisinya. Rasa atau perasaan yang ada pada puisi dapat berupa rasa indah, senang, bahagia, sedih.

3.Nada
Nada adalah sikap atau keinginan penyair terhadap pembaca.
Nada puisi bisa memberikan nasihat, menyindir, mengkritik, atau mengejek pembaca

4.Amanat
Amanat adalah pesan yang disampaikan pengarang pada pembaca.


Unsur ekstrinsik puisi terdiri dari:

1.Biografi penyair

2.Zaman ketika puisi itu dibuat

3.Kehebatan pembaca puisi

Jadi, untuk menilai keindahan suatu puisi dapat dilihat dari kepandaian pengarang memadukan unsur-unsur di atas.

Rima atau persamaan bunyi dapat dibagi :
Berdasarkan bunyinya, rima dapat dibedakan :
Rima sempurna, seluruh suku akhir bunyinya sama. Misalnya : mati –Jati , dahulu – malu
Rima asonansi, vokal dalam setiap suku kata sama. Misalnya: Kurang – bulan, benam – menang
Aliterasi, persamaan pada bunyi konsonan pada awal kata. Misalnya Kuda kami kemari
Disonansi, konsonan yang membentuk kata sama, sedangkan bunyi vokalnya bertentangan.Misalnya: Jinjing – junjung, bolak – balik.
Rima mutlak, yaitu seluruh bunyi kata-kata sama. Misalnya:Lihatlah burung merpati itu Kemana terbangnya setinggi itu
Rima tak sempurna, yaitu hanya sebagia konkonan dan vokal pada suku akhir yang sama.

Berdasrkan letaknya dalam bait, rima dapat dibedakan :
1. Rima silang, a b a b
2. Rima berpeluk, a b b a
3. Rima Terus atau rima rangkai, a a a a
4. Rima pasangan, a a b b
5. Rima putus, a a a b


Terimakasih Kepada +Juthamast Thangthongkum +Ari Juliano Gema +Judy Escobedo +Judy Escobedo +Julia Sukma Ningrum +Jessi June +Linda Juniarti +Juliady Marpaung +janatan fernandez




Menganalisis Menafsirkan Fitur Teks Anekdot (menyunting)

Posted: 26 Jan 2014 03:33 AM PST

Menganalisis fitur teks merupakan pekerjaan yang mat sedikit rumit, karena dalam naskah teks anekdot sangat banyak berbagai macam bahsa atau gaya bahsa yang terkandunga. Anekdot Pengertian anekdot cerita singkat menarik karena lucu dan mengesankan. Bisa mengenai orang penting terkenal dan berdasarkan kejadian sebenarnya.

Struktur anekdot
Abstrak :bagian awal,  memberikan  gambaran isi teks
Orientasi : latar belakang suatu peristiwa terjadi
Krisis : hal/ masalah yang tidak biasa  terjadi pada penulis/orang yang diceritakan.
Reaksi : cara orang yang diceritakan/penulisan dalam menyelesaikan masalah di bagian krisis.
Koda: simpulan kejadian

Fitur bahasa anekdot

Penggunaan pertanyaan retorik
Penggunaan proses material
Penggunaan  konjungsi  temporal
Keterangan waktu lampau

Menganalisis teks anekdot
Ciri khas anekdot
1.Dari kehidupan nyata dan diubang menjadi cerita yang berisi senda gurau
2.Bersifat fiktif
3.Tujuan utanmanya mengungkap kebenaran secara umum dengan cara menghibur pembaca
4.Terkadang ada sindiran /satire
5.Berkaitan dengan tradisi tamsil

Hal-hal perlu diperhatikan dalam menulis anekdot
Ide cerita dapat diambil dari pengalaman
Ide cerita dapat ditulis dalam buku catatan
Mengembangkan cerita menjadi cerita utuh
Memeriksa kembali setelah selesai menulis teks
Menilai teks anekdot
Memahami tema dan ide cerita
Kata atau bahasa yang digunakan
Sesuai wawasan dan presepsi
Menyatakan bahwa teks anekdot  dapat dipahami  dan berkesan baik ,juga memiliki tujuan bagi pembaca.

Menafsirkan maksa tersirat
Proses pemberian kesan terhaadap maknaanekdot, baik tulisan maupun lisan
Intrprestasi(merujuk pada proses penafsiran yang sedang dilakukan) digunakan untuk mengambil makna yang belum jelas

Teksis menulis teks anekdot

Berani mengungkapkan ide-ide cerita
Kreatif
Menertawakan diri sendiri
Memberikan kejutan bagi pembaca

Menyunting teks anekdot
Proses penyuntingan agar  sesuai dengan kaidah bahasa. Kaidah bisa berupa ejaan, diksi dan struktu kalimat
Menceritakan teks anekdot
Dan bermain peran berdasarkan cerita










Terimaksih kepada +Curtis Stone +cuneyt ozdemir +dina zhibee +Zaitun Hakimiah NS +dina zhibee +ailicec Zeravla +Juan Gonzalez


Contoh Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak Langsung

Posted: 26 Jan 2014 02:54 AM PST

Kalimat langsung adalah kalimat yang menirukan ujaran orang lain, dan bagian ujaran diberi tanda petik atas ("...."). Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan ujaran orang lain, bagian kutipan berbentuk kalimat berita. Marilah kita lihat contoh-contoh dibawah ini.

Contoh Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak Langsung

KALIMAT LANGSUNG
1."Kamu memang anak berbakti." Kata ibu kepada Dalbo
2.Kata Budi," Saya nanti malam akan kerumahmu."
3.Ayah menyuruh,"Antarkan surat ini ke kantor bapak!"
4."Ayo,masuk satu-satu!" Gertak polisi kepada ketiga oramg pencopet itu yang baru saja tertangkap
5."Siapa biang keladi bom bali itu?" Tanya wartawan kepada Kadispen Polri

KALIMAT TIDAK LANGSUNG
1.Ibu mengatakan kepada aku bahwa aku memang anak berbakti.
2.Webby mengatakan bahwa dia akan datang ke rumahku nanti malam.
3.Ayah menyuruhku mengantarkan surat ini ke ka kantornya.
4.Polisi menggertak tiga pencopet yang baru saja tertangkap agar mereka masuk satu per satu.
5.Wartawan bertanya kepada kadispen polri tentang siapa-siapa yang menjadi biang keladi bom bali itu.

Terimaksih kepada +indah lestari +Idah wahyu Jh +Ika fatma +Pinot Ichwandardi +Bangkit Indriyana +Ivan loviano +Juthamast Thangthongkum +Juan Perez


Struktur dan Kaidah Teks Anekdot (pelajaran)

Posted: 26 Jan 2014 02:55 AM PST

Struktur dan Kaidah Teks Anekdot. Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Adapun untuk struktur silahkan kita intip dibawah ini.

Struktur Teks Anekdot
Strukturnya coda, orientasi, reaksi, abstrak krisis di  singkat (CORAK).
1.Coda, perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita, sifatnya opsional
2.Orientasi, pendahuluan atau pembuka berupa pengenalan tokoh, waktu, dan tempat.
3.Reaksi, tindakan atau langkah yang diambil untuk merespon masalah.
4.Abstak, berupa isyarat akan apa yang akan diceritakan berupa kejadian yang tidak lumrah, tidak biasa, aneh, atau berupa rangkuman atas apa yang akan diceritakan atau dipaparkan teks, sifatnya opsional
5.Krisis, pemunculan masalah.

Kaidah Teks Anekdot
1.Menggunakan waktu lampau, seperti : Saya menemukannya semalam.
2.Menggunakan pertanyaan rotoris, seperti : Apakah kamu tahu?
3.Menggunakan kata sambung (konjungsi) waktu, seperti : kemudian, stelah itu, dll.
4.Menggunakan kata kerja, seperti: pergi, tulis, dll.
5.Menggunakan kalimat perintah
6.Menggunakan kalimat seru.



Terimaksih kepada +Jean Dumont +Zaynab Jeose +JheJhe Jestry +Jeng Ayu +Julia Sukma Ningrum +Juan Gonzalez



Pengertian Anekdot dan Kumpulan Cerita Lucu

Posted: 26 Jan 2014 02:55 AM PST

Anekdot adalah cerita singkat menarik mungkin menggambarkan kejadian orang sebenarnya.  Mengenal anekdot sebagai pelajaran siswa kurikulum 2013. Dimana cerita anekdot bisa menghibur dan bikin tertawa agar tidak jenuh. Khusus nya pelajaran bahasa indonesia.Mari kita intip sedikit  contoh-contoh anekdot sebagai berikut.


OBROLAN MONYET

Monyet Cantik : "kaum manusia, aneh ya"

Monyet Ayu : "emangnya, kenapa?"

Monyet Cantik : " setiap orang yang jelek, dibilang dasar moyet" tersinggung aku"  apa salah kaum kita ya ".

Monyet Ayu : " terima ajalah nasib "

Monyet Cantik : " padahal kaum kita, nggak ada yang Korupsi Kolusi Nepotisme Cuma yang ada KKN doang"

Monyet Ayu : "ya, sama aja kalo gitu"

Moyet Cantik : " Bukan KKN Korupsi, Kolusi Nepotisme.  Tapi KKN nya adalah Kesana Kesini Nangkring, tau"


Monyet Ayu : " O………. gitu ya, dasar Monyet".



MBOTEN NGERTOS
Dua perjaka kampung yang tak tau apa-apa merantau ke kota dengan inisial jawa tidak bisa bahasa sumatera, orang sumatra tidak bisa bahasa jawa. Awal cerita :
Mereka bertemu di sebuah kota yang sangat ramai, banyak gedung-gedung bertingkat, mobil mewah, pesawat.
Sumatra   : "Wah, mantab sekali rumah ini, besar bertingkat lagi. Punya siapa rumah ini?" Tanya orang sumatra.
Jawa         : "Mboten ngertos".
Sumatra   : "Oh... punya mboten ngertos."
Sumatra melihat mobil-mobil mewah berjejer didepan gedung dan bertanya lagi ke orang jawa.
Sumatra   : "Punya siapa mobil itu?"
Jawa        : "Mboten ngertos."
Sumatra   : "Hebat bener mboten ngertos ya, kalau begitu aku mau berguru        
         sama mboten ngertos saja."
Selang beberapa menit kemudian mereka berjalan menuju gang-gang perkotan disana mereka berdua melihat keramaian kumpulan orang banyak
Sumatra   : "Siapa yang mati itu?"
Jawa        : "Mboten Ngertos ".
Sumatra   : "Wah, klau begitu saya ketinggalan mau berguru sama mboten      ngertos ."

Terimakasih kepada +Kweku Opare-Djan +liNa PoeTrinYa mAmaH +PongPae EFM +fandi popitan +fandi popitan 

Puisi Dongeng Palsu (keritikan)

Posted: 25 Jan 2014 10:00 PM PST

Bicara seperlunya, bercanda seperlu, bermain seperlunya, berteman seperlunya. Sambil mendengarkan dongeng pembicaraan orang-orang disebelah. Entah apa yang dibicarakan ataukah cuma berkumur-kumur tak jelas.

Dongeng Palsu

Peduli apa mereka
Suci saja tidak
Merembahkan diri di tempat
Bercakap tak mengarah
Mencari yang tak ada
Menanti yang tak pasti

Bosan degar bicara mu
Hanya logat itu-itu saja
Pasrahku kian menjadi ditengah keraguan
Membongkar kedok kepalsuan jiwa
Sebenarnya kau tak suci lagi
Membakar amarah tanpa sebab

Kepalsuan itu
Menari indah disetiap detik
Mengulum waktu tak mau berhanti
Buatku terpasung di rapuhnya harapan semu
Terperangkaplah kau disisi jalan sebelah

Dasar kau bicara
Mendendangkan dongeng mimpi

Terimaksih kepada +mica sari +mala malul +mith sha mantha +Mohini Sule +Layla Majnun +Mohammed Bin-Nassir +marsita ng +magdalena meza

Puisi Korek Api Belum Menyala (harapan)

Posted: 25 Jan 2014 09:09 PM PST

Dalam sebuah karya sastra merupakan sebuah karya yang tak terbatas, dalam mengarang ataupun menulis, berpuisi dan lain sebagainya. sebagai contoh puisi dibawah ini  "Korek Api Belum Menyala":

Korek Api Belum Menyala

Ambil seutas batang
Nyalakan dengan bahasa lantang
Biarkan habis sebatang
Sambil telanjang

Perjalanan ala petualang
Ibarat cerita permainan dalang

Hey kau binatang
Sini kau ingin ku terjang
Walaupun aku telanjang
Mereka berdatangan
Ambilkan korek api kita nyalakan orang jalang
Kalian sangat lancang
Biar kau tak telanjang
Sambil pegang pedang
Di medan juang

Karya :Dalang Wanataka

Kumpulan Majas (Gaya Bahasa) Beserta Contohnya

Posted: 25 Jan 2014 04:55 AM PST

Kumpulan Majas (Gaya Bahasa) Beserta Contohnya Majas atau kiasan adalah bahasa indah yang dipergunakan untuk meningkatkan kesan dengan jalan memperkenalkan serta memperbandingkan suatu benda dengan benda lain atau hal lain yang lebih umum.

Majas dapat digolongkan sebagai berikut.
1.    Majas perbandingan
2.    Majas pertentangan
3.    Majas pertautan
4.    Majas perulangan

A. Majas Perbandingan (PMPA)
Majas perbandingan terdiri dari 4 jenis, yaitu:

1. Majas Perumpamaan
Perumpamaan adalah perbandingan dua hal yang pada hakikatnya berkaitan dan yang sengaja dianggap sama.
Contoh:
•    Bak mencari kutu dalam ijuk. (Melakukan sesuatu yang mustahil)
•    Bagai kambing dihalau ke air. (Hal orang yang enggan disuruh atau diajak mengerjakan sesuatu)
•    Semanis madu.
•    Sedalam laut.
•    Secantik bidadari.
•    Sesegar udara pagi.
Perumpamaan secara eksplisit dinyatakan dengan kata seperti, bak, bagai, ibarat, penaka, sepantun, laksana, umpama.

2. Metafora
Metafora adalah perbandingan yang implisit. Jadi, tanpa kata pembanding di antara dua hal yang berbeda. Dengan kata lain, metafora yaitu majas yang berupa kiasan persamaan antara benda yang diganti namanya dengan benda yang menggantinya.
Contoh:
•    Kapan Anda bertemu dengan lintah darat itu?
•    Siti Mutmainah adalah kembang desa di sini.
•    Kelaparan masih tetap menghantui  rakyat Etiopia.
•    Nina tangkai hati  ibu.

3. Personifikasi
Personifikasi adalah majas perbandingan yang menuliskan benda-benda mati menjadi seolah-olah hidup, dapat berbuat, atau bergerak.
Contoh:
•    Peluru mengoyak-ngoyak dada musuh.
•    Banjir besar telah menelan seluruh harta penduduk.
•    Matahari mulai merangkak  ke atas.
•    Kabut tebal menyelimuti desa kami.

4. Alegori
Alegori pada umumnya menganding sifat-sifat moral manusia.
Contoh:
•    Mendayung bahtera rumah tangga. (Perbandingan yang utuh bagi seseorang dalam rumah tangga)

B. Majas Pertentangan
Majas pertentangan terbagi menjadi 7 macam, yaitu:
1.    Hiperbola
2.    Litotes
3.    Ironi
4.    Antonomasia
5.    Oksimoron
6.    Paradoks
7.    Kontradiksio

1. Hiperbola
Hiperbola adalah majas yang menyatakan sesuatu dengan berlebih-lebihan.
Contoh:
•    Keringatnya menganak sungai.
•    Suaranya menggelegar membelah angkasa.

2. Litotes
Litotes adalah majas yang menyatakan kebalikan daripada hiperbola, yaitu menyatakan sesuatu dengan memperkecil atau memperhalus keadaan. Majas litotes disebut juga hiperbola negatif.
Contoh:
•    Tapi, maaf kami tak dapat menyediakan apa-apa. Sekadar air untuk membasahi tenggorokan saja yang ada.
•    Tentu saja karangan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, semua kritik dan saran akan saya terima dengan senang hati.

3. Ironi
Ironi adalah majas yang menyatakan makna yang berlawanan atau bertentangan, dengan maksud menyindir. Ironi disebut juga majas sindiran.
Contoh:
•    Bagus benar ucapanmu itu, sehingga menyakitkan hati.
•    Kau memang pandai, mengerjakan soal itu tak satupun ada yang betul.

4. Antonomasia
Antonomasia adalah penyebutan terhadap seseorang berdasarkan ciri khusus yang dimilikinya.
Contoh:
•    Sssssttt, lihat! Si cerewet datang. Kalian tidak perlu bertanya.
•    Macam-macam! Biar si gendut saja nanti yang menghadapinya.
•    Kemarin saya lihat si Kacamata hitam keluar bersama-sama dengan si Kribo. Benar tidak?

5. Oksimoron
Oksimoron adalah pengungkapan yang mengandung pendirian/pendapat terhadap sesuatu yang mengandung hal-hal yang bertentangan.
Contoh:
•    Memang benar musyawarah itu merupakan wadah untuk mencari kesepakatan. Namun tidak jarang menjadi wadah pertentangan para pesertanya.
•    Siaran radio dapat dipakai untuk sarana persatuan dan kesatuan, tetapi dapat juga sebagai alat untuk memecah belah suatu kelompok masyarakat atau bangsa.
•    Olahraga mendaki bukit memang menarik, tetapi juga sangat berbahaya.

6. Paradoks
Paradoks adalah pengungkapan terhadap suatu kenyataan yang seolah-olah bertentangan, tetapi mengandung kebenaran.
Contoh:
•    Memang hidupnya mewah, mempunyai mobil, rumahnya besar, tetapi mereka tidak berbahagia. Tidak tahu mengapa, mungkin karena belum mempunyai anak.
•    Walaupun ia tinggal di kota besar, kota metropolitan, hiburan ada di mana-mana, ia bercerita padaku katanya kesepian.

7. Kontradiksio
Kontradiksio adalah pengungkapan yang memperlihatkan pertentangan dengan yang sudah dikatakan lebih dulu sebagai pengecualian.
Contoh:
•    Sebenarnya semua saudaranya, yang dulu-dulu pandai, hanya dia sendiri yang bodoh. Mungkin saja karena malasnya.
•    Malam itu gelap gulita, tanpa kerlip kunang-kunang yang sebentar tampak dan sebentar hilang.



C. Majas Pertautan
Majas pertautan dibedakan menjadi:
1.    Metonimia
2.    Sinekdok, terdiri atas:
o    Pars pro toto
o    Totem pro parte
3.    Alusio
4.    Eufemisme

1. Metonimia
Metonimia adalah majas yang memakai nama ciri atau nama hal yang ditautkan dengan orang, barang atau hal, sesuai penggantinya.
Contoh:
•    Ayah suka mengisap gudang garam. (Maksudnya rokok)
•    Si Jangkung dipakai sebagai sebagai pengganti orang yang mempunyai ciri jangkung.

2. Sinekdok
Sinekdok adalah majas yang menyebutkan nama bagian sebagai pengganti nama keseluruhan atau sebaliknya.
Contoh:
•    Sudah seminggu ini Iwan tidak tampak batang hidungnya. (Padahal yang dimaksud bukan hanya batang hidung)
•    Indonesia berhasil memboyong kembali piala Thomas. (Padahal yang berhasil hanya satu regu bulu tangkis)
1.    Pars pro toto adalah penyebutan sebagian untuk maksud keseluruhan. Contoh:
o    Jauh-jauh telah kelihatan berpuluh-puluh layar di sekitar pelabuhan itu.
o    Selama ini kemana saja kau? Sudah lama tak nampak batang hidungmu. Nenek selalu menanyakan kau.
o    Ia harus bekerja keras sejak pagi hingga sore karena banyak mulut yang harus disuapi.
o    Kita akan mengadakan selamatan sebagai rasa syukur karena kita naik kelas semua. Untuk itu biaya kita tanggung bersama tiap kepala dikenakan iuran sebesar Rp 1.500,00
2.    Totem pro parte adalah majas penyebutan keseluruhan untuk maksud sebagian saja. Contoh:
o    Dalam musim kompetisi yang lalu, kita belum apa-apa. Tetapi dalam tahun ini, sekolah kita harus tampil sebagai juara satu.
o    Dalam pertandingan musim lalu, Indonesia dapat meraih medali emas.

3. Alusio
Alusio adalah majas yang menunjuk secara tidak langsung ke suatu peristiwa atau hal dengan menggunakan peribahasa yang sudah umum ataupun mempergunakan sampiran pantun yang isinya sudah dimaklumi. Majas ini disebut juga majas kilatan.
Contoh:
•    Menggantang asap saja kerjamu sejak tadi. (Membual/beromong-omong)
•    Ah, kau ni memang tua-tua keladi. (Maksudnya makin tua makin menjadi)

4. Eufemisme
Eufemisme adalah majas kiasan halus sebagai pengganti ungkapan yang terasa kasar dan tidak menyenangkan. Eufemisme digunakan untuk menghindarkan diri dari sesuatu yang dianggap tabu atau menggantikan kata lain dengan maksud bersopan santun.
Contoh:
•    Orang itu memang bertukar akal. (Pengganti gila)
•    Kalau dalam hutan jangan menyebut-nyebut nenek. (Pengganti harimau)
•    Pemerintah telah mengadakan penyesuaian harga BBM. (Pengganti menaikkan)


Sumber:
Setyana, dkk. 1999. Buku Pintar Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: Aneka Ilmu.

Pengertian dan Contoh Biografi Otobiografi

Posted: 25 Jan 2014 01:15 AM PST

Sebagian orang mungkin belum tahu tentang apa itu biografi dan otobiografi. Disetiap buku terbitan pasti ada lembaran tentang penulis atau sejenis riwayat hidup. Lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.


Biografi adalah buku yang menceritakan riwayat hidup seseorang, yang ditulis oleh orang lain.
Otobiografi adalah buku yang menceritakan riwayat hidup seseorang, yang ditulis oleh dirinya sendiri.
Orang yang biasa ditulis biografinya adalah dia seorang tokoh, baik tokoh politik, artis, ilmuwan dsb. Yang jelas dia telah berjasa dalam suatu hal.

Contoh Biografi:
ANTON M, MOELIONO Lahir di Bandung, 21 Februari 1929. Tahun 1956, ia mendapatkan gelar sarjana bahasa dari Fakultas Sastra (FS) Universitas Indonesia (UI). Jakarta. Tahun 1965, ia memeroleh gelar Master of Arts in Generasi Linguistic, dari Cormel University, Amerika serikat. Tahun 1981, ia memperoleh gelar Doktor ilmu Sastra Bidang Linguistik dari FS UI jakarta.

Terimakasih kepada +CoCo NuT +Chairul Fajar +cô bé yêu đời +cinta maya +Mike couzin +Mike couzin +Matthew C. Torres +Cindy Gulla +cinta maya

Puisi Puisi Hari Sumpah Pemuda

Posted: 24 Jan 2014 09:29 PM PST

Hari pahlawan tanggal 28 Oktober diperingati hari umpah pemuda. Pengakuan para pemuda pemudi indonesia dan mengikrarkan. Puisi ini kami dapat dari seorang yang masih duduk dibangku sekolah.



Puisi hari sumpah pemuda

Hari yang bersejarah
Awal dari perjuangan yang tak kenal lelah
Remaja indonesia tidak untuk terpecah lelah

Satu nusa, satu bangsa, satu bahasa
Untuk satu tujuan mulia, cita-cita bangsa
Menjunjung tinggi tanah air, tanah air ku indonesia
Para pemuda yang telah berjasa
Akan selalu  terjaga sepanjang masa
Hati yang satu, bersama wujudkan asa

Para pemuda jangan berputus asa
Engankan lintangmu yang selalu ada
Menang dan kalah sudah biasa
Usah menyimpan dendam di dada
Dua puluh delapan bulan oktober
Akan selalu ada setiap masa

By: Alfian Fachrurrozi

Puisi Angan Semu (penyesalan)

Posted: 24 Jan 2014 08:39 PM PST

Harapan angan semu, entah bagaimana. Mati tak mati hidup tak hidup. Hanya bisa bersandar dikehidupan nyata. Berbagai arah melintang memperjuangkan angan-angan untuk menggapainya.


Angan Semu

Mata ini kian sayup
Pikiran melayang
Jiwa pun hilang entah ke mana
Hari-hari sepi temani sisa hidupku
Tiada kutemukan senyum kedaimaan
Tak pernah lagi ku menopang letihku
Aku tak kuasa dengan semuanya
Izinkan Kugapai mahligaimu
Biarkan diri ini sekedar bersandar
Melelahkan
kebekuan derita
Yang kian nyata
dan penuh duka
Derita aku kehangatan kasih mu
Untuk Mengobati luka jiwa

Karya; Haris

Terimakasih Kepada +김유진 +cho ro +Ies Emy +Cahaya Ayu +Brian al huda +Laili Shabrina Zulimar +Uirá Porã +Uilton J. Romeiro

Puisi Indahnya Kehidupan Tanpa Semu

Posted: 24 Jan 2014 08:24 PM PST

Perputaran waktu menjadikan sesuatu itu lebih bersejarah. Kehidupan pasti berjalan entah itu bahagia ataupun sengsara. Setiap insan pasti pernah merasakan perjalanan kehidupan dengan cerita menjadi sebuah pengalam.

Indahnya Kehidupan Tanpa Semu

Laksamana kehidupan
Tak terbayang semu
Pernyataan di depan dan dibelakang
Lebih dewasa
Induk jaman dulu

Perubahan kyakinan
Pengalaman
Ksetiaan
Pedulikan hidup
Usul menjadi dewasa

Lukiskan dekat dada
lantas menusuk jantung
Terakhir berkata
Ini pengalaman hidup
Hidup bahagia, sengsara, bahagia lagi


Karya: Dalang Wanataka


Terimaksih Kepada +Wells Fargo +tun arum cempaka +Tutilatief Veronica +Inge B. Tumiwa +Yogev Tuval +Yogev Tuval

Puisi Tanpa Harapan Karya Suryadi Acep Sunarya

Posted: 23 Jan 2014 09:36 AM PST

Terinpirasi dari seseorang sampah masyarakat, kesana kemari tidak ada harapan dan tujuan yang pasti. Inilah puisi untuk kalian. Semoga bisa mengambil pelajaran dan kesimpulannya. 

Tanpa Harapan

Bukan sebuah cerita yang ditulis dalam sebuah lagu
Tapi cerita yang ditulis dalam sebuah puisi
Bersama ruang
Bersama waktu
Berpikir lama

Celotehan anjing-anjing kelaparan
Serta ejekan yang di lontarkan
Terasa risih untuk di dengarkan
Aku menganggapnya seperti pribahasa
Kapilah anjing berlalu

Karena aku merasa
Aku sama sekali tak merugikan mereka
Tapi bualan mulut dengki
Selalu hantui kemanapun aku pergi
Tetapi akupun tetap acuh tak acuh
Biarlah mereka berkata apa...


Karya : Suryadi/ Acep Sunarya



Puisi Cita Kasih (Suryadi Acep Sunarya)

Posted: 23 Jan 2014 08:31 AM PST

Cita kasih bisa menjadi sebuah keajaiban, merasakan riang gembira, tertawa. Persoalan hidup tak lepas dari sebuah cita kasih. Karena cita kasih menjadi lantaran seseorang bisa menentukan arah dan tujuan hidup mereka.

Cita Kasih

Taburan debu diterpa angin
Berjatuhan tak menentu
Dan tak tau arah
Lalu lalang kupu-kupu beterbangan
Mereka riang gembira
Seakan tanpa dosa

Itu hanya cerita belaka
Tapi bukan juga cerita klasik
Yang mungkin bisa dikatakan norak
Tapi tak apalah
Karena suatu hal tak berarti
Bisa menjadi sebuah mutiara

Keindahan cita kasih
Tak mudah untuk ditebak
Bak membalikkan telapak tangan
Suatu hal yang tak mungkin
Yang mungkin orang tak menghiraukan
Salah...
Karena itu bisa menjadi sebuah keajaiban


Karaya : Suryadi/ Acep Sunarya

Terimakasih kepada +AGUS GANTENGSTER +Juan Gonzalez +Gusti Yanti +gustaman irfank +denzfunk guilla 

Puisi Sinar dan Embun Pagi (Suryadi Acep Sunarya)

Posted: 23 Jan 2014 07:27 AM PST

Sinar dan embun pagi sebuah puisi. Setiap manusia mesti mempunyai kelebihan dan kekurangan oleh karena itu bercerminlah kepada sinar dan embun pagi. Dan jangan memandang orang itu sebelah mata. Ini sebuah puisi, silahkan untuk dilihat dan diresapi.

Sinar dan Embun Pagi


Seberkas cahaya
Setetes embun
Beserta bias-biasnya
Mengantarkan ku  menjemput hari indah
Walau patamorgana sekan membayangi ku
Mungkin menghempaskan ku
Dalam kelelahan

Sinar dan embun pagi
Sorai-sorak bergemuruh
Bersamaan dengan butir-butir harapan
Yang selalu merasuki fikiran
Yang membuat aku menghela nafas panjang
Tapi semua itu tak membuat ku rapuh
Meski banyak kerikil menghambat

Impian ku yang melampaui alam bawah sadar
Seakan tak mungkin tercapai
Tetapi logika mengalahkan semua itu
Apa...???

Orang-orang melihatku
Mungkin orang-orang berfikir
Aku berimajinasi terlalu tinggi
Tapi apalah semua itu
Karena perbuatan yang menentukan
Kau aku dan mereka
Karaya : Suryadi/ Acep Sunarya

Terimakasih kepada +Aulia Bul +Judotens Budiarto +Nattapong Buasoong +Nattapong Buasoong +Bunga Mayang Sari +Burgerkill +Burgerkill

Puisi DOA Karya Suryadi Acep Sunarya

Posted: 23 Jan 2014 06:46 AM PST

Inpirasi ini saya daptkan dari sebuah pengalam hidup yang begitu mengharukan atas perjuangan sang ibu. Doa dan doa ibu panjatkan, setiap tetesan keringat semangat.





DOA
saat langit terpecah
kau lantunkan harapan
disertai wangi semerbak bunga cinta
yang tulus dari dalam hati mu
ibu

ketika air asin menggores tubuhmu
tertancap 1001 semangat
dengan suaramu yang parau dan lirih
bak angin meniup dedaunan
perlahan-lahan tapi pasti

saat aku terlelap aku bermimpi
saat itu pula aku ingin terhiasi
oleh segala keindahan
saat itu kau terus menaruh harapan
sampai kau lupa akan segalanya

demi masa depan ku
kau selalu hiasi hari-hari ku
dengan ketulusan doa
berharap
aku temukan kristal mujarab
penawar kepedihan.

Karaya : Suryadi/ Acep Sunarya





Terimakasih kepada +Cindy Yuvia

Unsur Intrinsik Drama Materi Bahasa Indonesia

Posted: 22 Jan 2014 08:02 AM PST

Unsur intrinsik ialah unsur-unsur yang membangun karya sastra itu sendiri. Unsur intrinsik sebuah drama adalah unsur-unsur yang turut serta membangun sebuah cerita. Termasuk dalam unsur intrinsik drama adalah judul, tema, amanat, perwatakan/karakter tokoh, dialog, alur/plot,  latar/setting,  bahasa dan interpretasi. (T-A-P-D-A-L-B-I)

Unsur Intrinsik Drama
1.      Tema
Tema adalah pikiran pokok yang mendasari lakon drama. Pikiran pokok ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi cerita yang lebih menarik. Tema dikembangkan melalui alur dramatik melalui dialog tokoh-tokohnya. Tema adalah ide yang mendasari cerita sehingga berperan sebagai pangkal tolak pengarang dalam memaparkan karya fiksi yang diciptakannya. Tema merupakan ide pusat atau pikiran pusat, arti dan tujuan cerita, pokok pikiran dalam karya sastra, gagasan sentral yang menjadi dasar cerita dan dapat menjadi sumber konflik-konflik.

2.      Amanat 
Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca naskah atau penonton drama. Pesan ini tidak disampaikan secara langsung, tapi lewat  naskah drama yang ditulisnya atau lakon drama itu sendiri. Penonton atau pembaca harus menyimpulkan sendiri pesan moral apa yang diperoleh dari membaca naskah atau menonton drama tersebut.

3.      Perwatakan/Karakter Tokoh
Perwatakan atau karakter tokoh adalah keseluruhan ciri-ciri jiwa seorang tokoh dalam lakon drama. Karakter ini diciptakan oleh penulis lakon untuk diwujudkan oleh para pemain drama. Tokoh-tokoh drama disertai penjelasan mengenai nama, umur, jenis kelamin, ciri-ciri fisik, jabatan, dan keadaan kejiwaannya. 3 macam perwatakan yakni:
  1. Antagonis, tokoh utama berprilaku jahat
  2. Protagonis, tokoh utama berprilaku baik
  3. Tritagonis, tokoh yang berperanan sebagai tokoh pembantu
4.      Dialog
Ciri khas suatu drama adalah naskah tersebut berbentuk percakapan atau dialog. Penulis naskah drama harus memerhatikan pembicaraan yang akan diucapkan. Ragam bahasa dalam dialog antartokoh merupakan ragam lisan yang komunikatif. Dialog melancarkan cerita atau lakon. Dialog mencerminkan pikiran tokoh cerita. Dialog mengungkapkan watak para tokoh cerita. Dialog merupakan hubungan tokoh yang satu dengan tokoh yang lain. Dialog berfungsi menghubungkan tokoh yang satu dengan tokoh yang lain. Dialog juga berfungsi menggerakan cerita dan melihat watak atau kepribadian tokoh cerita.
Ada dua macam tenik dialog, yaitu monolog dan konversi (percakapan). Ada juga teknik dialog dalam bentuk prolog dan epilog. Prolog berarti pembukaan atau peristiwa pendahuluan yang diucapkan pemeran utama dalam sandiwara. Epilog berarti bagian penutup pada karya drama untuk menyampaikan atau menafsirkan maksud karya drama tersebut.

5.      Alur/Plot
Alur/plot cerita atau jalan cerita. Dalam drama juga mengenal tahapan plot yang dimulai dari tahapan permulaan, tahapan pertikaian, tahapan perumitan, tahapan puncak, tahapan peleraian, dan tahapan akhir.
Alur dalam drama dibagi menjadi babak-babak dan adegan-adegan. Babak adalah bagian dari plot atau alur dalam sebuah drama yang ditandai oleh perubahan setting atau latar. Sedangkan adegan merupakan babak yang ditandai oleh perubahan jumlah tokoh ataupun perubahan yang dibicarakan. Alur cerita ini dapat dibagi menjadi beberapa,  pengenalan, pertikaian/konflik, komplikasi, klimaks, peleraian, dan,  penyelesaian. (EK3RK)
  1. Pengenalan/Eksposisi. Pengenalan adalah bagian yang mengantarkan atau memaparkan tokoh, menjelaskan latar cerita, dan gambaran peristiwa yang akan terjadi. Pada tahap ini penonton diperkenalkan dengan tokoh-tokoh drama beserta wataknya, dan fakta-fakta tertentu, baik secara eksplisit maupun implisit
  2. Konflik. Konflik adalah persoalan-persoalan pokok yang mulai melibatkan para pemain drama. Dalam tahap ini mulai ada  kejadian (insiden) atau peristiwa yang merupakan dasar dari drama tersebut.
  3. Komplikasi. Komplikasi merupakan tahap dimana insiden yang terjadi mulai berkembang dan menimbulkan konflik-konflik yang semakin banyak dan ruwet. Banyak persoalan yang kait-mengait, tetapi semuanya masih menimbulkan tanda tanya.
  4. Klimaks. Klimaks adalah tahapan puncak dari berbagai konflik yang terjadi dalam drama tersebut. Bila dilihat dari sudut pembaca naskah atau penonton drama maka klimaks adalah puncak ketegangan. Bila dilihat dari sudut konflik maka klimaks adalah titik pertikaian paling ujung antar pemain drama.
  5. Resolusi/Peleraian. Dalam tahap ini dilakukan penyelesaian konflik. Jalan keluar penyelesaian konflik-konflik yang terjadi sudah mulai tampak jelas.
  6. Penyelesaian. Penyelesaian merupakan tahap terakhir dari sebuah drama. Dalam tahap terakhir ini semua konflik berakhir dan cerita selesai.
6.      Latar/Setting
Latar adalah tempat terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam sebuah drama. Latar tidak hanya merujuk kepada tempat, tetapi juga ruang, waktu, alat-alat, benda-benda, pakaian, sistem pekerjaan, dan sistem kehidupan yang berhubungan dengan tempat terjadinya peristiwa yang menjadi latar ceritanya.

7.      Bahasa 
Setiap penulis drama mempunyai gaya sendiri dalam mengolah kosa kata sebagai sarana untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Selain berkaitan dengan pemilihan kosa kata, bahasa juga berkaitan dengan pemilihan gaya bahasa (style). Bahasa yang dipilih pengarang untuk kemudian dipakai dalam naskah drama tulisannya pada umumnya adalah bahasa yang mudah dimengerti (bersifat komunikatif), yakni ragam bahasa yang dipakai dalam kehidupan keseharian. Bahasa yang berkaitan dengan situasi lingkungan, sosial budaya, dan pendidikan. Bahasa yang dipakai dipilih sedemikian rupa dengan tujuan untuk menghidupkan cerita drama, dan menghidupkan dialog-dialog yang terjadi di antara para tokoh ceritanya. Demi pertimbangan komunikatif ini seorang pengarang drama tidak jarang sengaja mengabaikan aturan aturan yang ada dalam tata bahasa baku.

8.      Interpretasi 
Penulis naskah drama selalu memanfaatkan kehidupan masyarakat sebagai sumber gagasan dalam menulis naskah drama. Naskah yang ditulisnya dapat dipertanggungjawabkan, terutama secara nalar. Artinya ketika naskah drama tersebut dipentaskan akan terasa wajar, logis, tidak janggal dan tidak aneh. Bahkan harus diupayakan menyerupai kehidupan yang sebenarnya dalam masyarakat.

Tambahan :
Judul adalah kepala karangan atau nama yang dipakai untuk buku atau bab dalam buku yang dapat menyiratkan isi buku tersebut. Judul suatu karya drama juga merupakan kunci untuk melihat keseluruhan makna drama. Judul isi karangan selalu berkaitan erat. Judul karangan seringkali berfungsi menunjukan unsur-unsur tertentu dari karya sastra, misalnya :
  1. Dapat menunjukan tokoh utama
  2. Dapat menunjukan alur atau waktu
  3. Dapat menunjukan objek yang dikemukakan dalam suatu cerita
  4. Dapat mengidentifikasi keadaan atau suasana cerita
Petunjuk Laku atau catatan pinggir berisi penjelasan kepada pembaca atau para pendukung pementasan mengenai keadaan, suasana, peristiwa, atau perbuatan, tokoh, dan unsur-unsur cerita lainnya.





Unsur Puisi Meliputi Struktur Fisik dan Struktur Batin Puisi

Posted: 22 Jan 2014 07:11 AM PST

Memperkaya pengetahuan tentang puisi mari sejenak kita memahami tentang unsur-unsur puisi meliputi struktur fisik dan struktur batin puisi sebagai beerikut.

Struktur fisik puisi terdiri:
Perwajahan puisi (tipografi), yaitu puisi seperti halaman yang tidak dipenuhi kata-kata, akan tepi pengaturan barisnya, hingga baris puisi yang tidak selalu dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Hal-hal tersebut sangat menentukan pemaknaan terhadap puisi.

Diksi, ialah pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh puitis (penyair) dalam puisinya. Karena puisi adalah bentuk karya sastra. Pemilihan kata-kata dalam puisi erat kaitannya dengan makna, keselarasan bunyi, dan urutan kata.

Imaji, ialah kata atau susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan.
Imaji dapat dibagi menjadi tiga, yaitu imaji suara, imaji penglihatan, dan imaji raba atau sentuh. Imaji dapat mengakibatkan pembaca seakan-akan melihat, medengar, dan merasakan seperti apa yang dialami puitis (penyair).

Gaya bahasa, ialah penggunaan bahasa yang dapat menghidupkan dan menimbulkan konotasi tertentu. Gaya bahasa disebut juga majas. Adapaun macam-amcam majas antara lain metafora, simile, personifikasi, litotes, ironi, sinekdoke, eufemisme, repetisi, anafora, pleonasme, antitesis, alusio, klimaks, antiklimaks, satire, pars pro toto, totem pro parte, hingga paradoks.

Rima/Irama adalah persamaan bunyi pada puisi, baik di awal, tengah, dan akhir baris puisi.




Terimaksih Kepada 

AKU KANGEN TANAH LAMPUNG BARAT (kebun kopi)

Posted: 21 Jan 2014 10:34 PM PST

Tercurahkan untuk tanah Lampung ku say betik, tanoh lampungku tanoh lada. Berbagai seni budaya tersalurkan seni sakura. Lampung barat tanah halaman kangen belum terobatai, akan ku kembali sambil ber suara. "AKU KANGEN TANAH LAMPUNG BARAT" sebuah alunan puisi buat kota lampung
.
AKU KANGEN TANAH LAMPUNG BARAT

Mekar putih diatas bukit
Terlihat menawan
Pucuk gunung sapu bersih

Tak ada perawan atau pun perjaka
30 tahun berlalu terjamah
tutup
buka
tutup
buka
tup-buk
buk-tup
Terkesan seperti orang kurang permainan
Terlihat jalan melingkar
Simbolis menawan diujung bukit perawan
Begitu anggun bibir tipis jalan dipinggir bukit
Tercurah hujan beramai-ramai menggenangi siring sawah sampai kali
Gunung begitu rancu
Terjamah lagi oleh mu
Sepihan ranting jadikan kayu bakar
Rumput alami tak ada lagi
Dari sana bisa hidup
Gunung bisa hidup
Bukit bisa hidup
Jalan bisa hidup
Dari sela-sela bukit gunung saku celana terisi
Rumah terisi
Halaman terisi
Rekening terisi
Begitu agung tanah say betik
Lampung punya lampung bisa


Terimakasih kepada temen-temen, puakhi lampung, keluarga pekon muara seluruhnya.

Bersama +Asep Ferdiansyah +Astuti Merdeka +Ashilla +fidia astuti +aram Saadi +Yuni Artha Sihombing Lumbantoruan +ardiansyah abdi +Anggraeni Ary +Yani Aremanita +Pipin Aripin +arya dermawansyah +ATF SAKA +Dian Atmajati +Anastasia Atdjas +ATFA Serpihan +erwin wijaya +Ermawati Darmika +Erin Andrews +Ira Erlina +Ervita Sagadita Anggraini +erna andrian sastra +Dessy Rathry Yulyanthy +Allyson Doradina +Sarah Eckstein +Farwa Zahra

Puisi Demi (religi)

Posted: 21 Jan 2014 08:36 PM PST

Puisi ini saya dapat dari sebuah situs jejaring sosial yang sangat lumayan dan bisa anda simak dan resapi. Demikian puisi ini kami terbitkan untuk dinikmati.







demi matahari dan sinarnya pada pagi hari.
demi bulan apabila mengiringinya.
demi siang apabila menampakkanya.
demi malam apabila menutupinya.
demi langit serta pembinaanya.
demi bumi serta penghamparanya
demi jiwa serta penyampurnaanya


Terimaksih Kepada Ida Chayangfamily

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Prusahaan

Posted: 21 Jan 2014 08:28 PM PST

Anda mencari contoh surat lamaran kerja ingin menjadi karyawan di sebuah perusahaan ini contoh surat lamaran pekerjaan. Bisa anda dapatkan contoh-contoh yang lain lihat postingan:





Ngawi,  22 Januari 2014

Perihal             : Lamaran Kerja
Lampiran         : -

Kepada Yth :
Bapak / Ibu Pimpinan 
ABADI GROUP
Jl. A. Yani
Ngawi

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai
/karyawan. Oleh karena itu saya mengajukan permohonan untuk menjadi pegawai/karyawan.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini turut saya lampirkan :

1.      Daftar Riwayat Hidup       
2.      Foto Copy Ijazah Terakhir 
3.      Foto Copy Nilai                 
4.      Pas Photo                           
5.      Foto Copy KTP                  

Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
        

            Hormat Saya,


Buhro Magista



Terimaksih kepada +lenny poespitasari +liNa PoeTrinYa mAmaH +PongPae EFM +fandi popitan +Pongpat Janthai +Kweku Opare-Djan +opa gaul

PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 (intra ekstra-kurikuler)

Posted: 21 Jan 2014 07:59 AM PST



Proses pembelajaran Kurikulum 2013 terdiri atas pembelajaran intra-kurikuler dan pembelajaranekstra-kurikuler. 


Pembelajaran intra kurikuler didasarkan pada prinsip berikut:
a. Proses pembelajaran intra-kurikuler adalah proses pembelajaran yang berkenaan dengan mata pelajaran dalam struktur kurikulum dan dilakukan di kelas, sekolah, dan masyarakat.
b. Proses pembelajaran di SD/MI berdasarkan tema sedangkan di SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK/MAK berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan guru.
c. Proses pembelajaran didasarkan atas prinsip pembelajaran siswa aktif untuk menguasai  kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti pada tingkat yang memuaskan (excepted).
d. Proses pembelajaran dikembangkan atas dasar karakteristik konten kompetensi yaitu pengetahuan yang merupakan konten yang bersifat mastery dan diajarkan secara langsung (direct teaching), ketrampilan kognitif dan psikomotorik adalah konten yang bersifat developmental yang dapat dilatih (trainable) dan diajarkan secara langsung (direct teaching), sedangkan sikap adalah konten developmental dan dikembangkan melalui proses pendidikan yang tidak langsung (indirect teaching).
e. Pembelajaran kompetensi untuk konten yang bersifat developmentaldilaksanakan
berkesinambungan antara satu pertemuan dengan pertemuan lainnya, dan saling memperkuat
antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya.
f. Proses pembelajaran tidak langsung (indirect) terjadi pada setiap kegiatan belajar yang terjadi di kelas, sekolah, rumah dan masyarakat. Proses pembelajaran tidak langsung bukan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) karena sikap yang dikembangkan dalam proses pembelajaran tidak langsung harus tercantum dalam silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru.
g. Proses pembelajaran dikembangkan atas prinsip pembelajaran siswa aktif melalui kegiatan
mengamati (melihat, membaca, mendengar, menyimak), menanya (lisan, tulis), menganalis
(menghubungkan, menentukan keterkaitan, membangun cerita/konsep), mengkomunikasi-kan
(lisan, tulis, gambar, grafik, tabel, chart, dan lain-lain).
h. Pembelajaran remedial dilaksanakan untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi yang masih kurang. Pembelajaran remedial dirancang dan dilaksanakan berdasarkan kelemahan yang ditemukan berdasarkan analisis hasil tes, ulangan, dan tugas setiap peserta didik. Pembelajaran remedial dirancang untuk individu, kelompok atau kelas sesuai dengan hasil analisis jawaban peserta didik.
i. Penilaian hasil belajar mencakup seluruh aspek kompetensi, bersifat formatif dan hasilnya segera diikuti dengan pembelajaran remedial untuk memastikan penguasaan kompetensi pada tingkat memuaskan.

Pembelajaran ekstrakurikuler
Pembelajaran ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan untuk aktivitas yang dirancang sebagai kegiatan di luar kegiatan pembelajaran terjadwal secara rutin setiap minggu. Kegiatan ekstra-kurikuler terdiri atas kegiatan wajib dan pilihan. Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler wajib.
Kegiatan ekstrakurikuler wajib dinilai yang hasilnya digunakan sebagai unsur pendukung
kegiatan intrakurikuler.

KARAKTERISTIK KURIKULUM 2013 (pendidikan indonesia)

Posted: 21 Jan 2014 06:54 AM PST



KARAKTERISTIK KURIKULUM 2013
Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Kurikulum berbasis kompetensi adalah outcomes-based curriculum dan oleh karena itu pengembangan kurikulum diarahkan padapencapaian kompetensi yang dirumuskan dari SKL. Demikian pula penilaian hasil belajar dan hasil kurikulum diukur dari pencapaian kompetensi. Keberhasilan kurikulum dartikan sebagai pencapaian kompetensi yang dirancang dalam dokumen kurikulum oleh seluruh peserta didik.



Kompetensi untuk Kurikulum 2013 dirancang sebagai berikut:
1. Isi atau konten kurikulum yaitu kompetensi dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) kelas dan dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran.
2. Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan (kognitif dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti adalah kualitas yang harus dimiliki seorang peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran KD yang diorganisasikan dalam proses pembelajaran siswa aktif.
3. Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu tema untuSD/MI, dan untuk mata pelajaran di kelas tertentu untuk SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK.
4. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar di jenjang pendidikan menengah diutamakan pada ranah sikap sedangkan pada jenjang pendidikan menengah pada kemampuan intelektual (kemampuan kognitif tinggi).
5. Kompetensi Inti menjadi unsur organisatoris (organizing elements) Kompetensi Dasar yaitu semua KD dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi dalam kompetensi Inti.
6. Kompetensi Dasar yang dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
7. Silabus dikembangkan sebagai rancangan belajar untuk satu tema (SD/MI) atau satu kelas dan satu mata pelajaran (SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK). Dalam silabus tercantum seluruh KD untuk tema atau mata pelajaran di kelas tersebut.
8. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikembangkan dari setiap KD yang untuk mata pelajaran dan kelas tersebut

Tahap-tahap Menangani Surat Masuk

Posted: 21 Jan 2014 01:50 AM PST


Tahap-tahap menangani surat masuk:
- Mengklasifikasikan dan menyortir (Classifying and Sorting), dimana sekretaris harus menyortir surat-surat yang masuk. Dan sortiran tersebut dibagi menjadi:

1. Mengklasifikasikan .
a. Surat bisnis → surat yang dibuat perorangan atau perusahaan yang ditujukan pada pimpinan yang mewakili kepentingan perusahaan,
b. Surat pribadi → surat yang dibuat perorangan atau perusahaan yang ditujukan pada pimpinan selaku pribadi. Surat pribadi yang tidak boleh dibuka adalah tagihan premi asuransi, tagihan kartu kredit dan rekening bank pimpinan.


2. First sorting.
a. Surat penting/mendesak, yaitu surat yang memelukan tindakan segera dan biasanya ada cantuman "URGENT/PENTING", jika tidak dicantumkan kata "penting atau urgent" maka bisa dilihat dari cara pengiriman apakah menggunakan sepecial mail services, first class mail, second class atau parcel post. Yang paling penting biasanya menggunakan sepecial mail services karena biayanya lebih mahal dibanding yang lain.
b. Surat biasa, yaitu surat yang mempunyai derajat kepentingan setelah surat penting.
c. Surat rahasia, yaitu surat yang "hanya boleh dibuka" oleh orang yang dituju.

3. Second sorting, yaitu mengatur surat berdasarkan jenisnya.
a. Surat bisnis/dinas. Setelah diklasifikasikan dan first sorting, maka surat dikelompokkan menurut jenisnya.
b. Surat pribadi (surat pribadi yang sangat rahasia dan surat pribadi untuk pimpinan).
c. Bahan-bahan iklan. Surat-surat seperti ini biasanya memakai jasa pengiriman third class, dimana surat yang berisikan iklan ini memakai amplop yang bermacam-macam bentuk, ukuran dan warna.
- Membuka surat (Opening The Mail).
- Mengeluarkan dan memeriksa isi amplop (Removing And Inspecting Content).
- Membubuhkan stempel tanggal, dan waktu (Date Time Stamping).
- Membaca, menggaris bawahi, dan memberikan catatan kecil (Reading, Underlining and Annotating).
- Menyerahkan surat pada pimpinan (Presenting The Mail).

1. Posisi paling atas → surat yang sangat mendesak.
2. Posisi kedua → surat yang telah diberi kode A1.
3. Posisi ketiga → surat yang meminta perhatian orang lain.
4. Posisi keempat → surat yang dijawab oleh sekretaris.
5. Posisi paling bawah →surat yang tidak harus dijawab.
- Menangani paket, brosur, penerbitan dsb.
- Mendistribusikan surat.

Daily Mail Record
Tanggal Perihal Diberikan Tindak lanjut
Kepada Untuk
Circulation Slip
Selama pimpinan tidak ada ditempat, sekretaris harus tetap memproses surat masuk dengan cepat seperti saat pimpinan ada ditempat. Hanya saja sekretaris mendapat tugas tambahan yaitu membuatkan ringkasan dari semua surat penting dan menggarisbawahi surat-surat yang memerlukan penangan khusus.
Tindakan sekretaris menangani surat masuk, diantaranya:
1. Surat yang dapat dijawab dengan sekretaris dengan benar sesuai instruksi pimpinan.
2. Memberi surat pada pejabat pengganti yang telah ditunjuk pimpinan.
3. Menyimpankan surat untuk pimpinan yang sifatnya "pribadi".
4. Surat-surat yang sifatnya "penting/urgent" dapat dikirim lewat fax.
5. Membalas surat yang dilaporkan melalui telpon.


Terimaksih kepada +

You are subscribed to email updates from Putune Wonoderyo
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now.
Email delivery powered by Google
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610
Posted by Unknown on Minggu, 26 Januari 2014 - Rating: 4.5
Title : webmuara
Description : webmuara Puisi Sedapnya Aromamu Sayang Bedah Puisi Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Menganalisis Men...
Tweet

0 Response to "webmuara"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru
Posting Lama
Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Pasang Iklan

Video Puisi

Entri Populer

  • webmuara
    webmuara Puisi Sosial Di Ujung Gerbong Posted: 25 Jun 2014 10:31 AM PDT Puisi sosial di ujung ger...
  • Karya Indonesia
    Karya Indonesia Puisi Lampung Minan Sai Sikop Anekdot Lucu Bikin Ketawa : Wajah Jelek Contoh Undan...
  • webmuara
    webmuara Puisi Alam Di Atas Rumbut Posted: 18 May 2014 10:46 PM PDT Puisi alam di atas rambut ini...
  • webmuara
    webmuara Puisi Pendidikan Kepada Guru Puisi Religi Islam Apa Arti Usia Ku Contoh Kalimat Langsung ...
  • Penulisan Artikel di Jasa Artikel Murah
    Penulisan Artikel di Jasa Artikel Murah Menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan manusia, menulis diera modern kini tidak menggunakan sebuah a...
  • Tips dan Trik Menghadapi Ujian atau UAN
    Tips dan Trik Menghadapi Ujian atau UAN Hal paling utama dalam urusan ini, urusannya dengan kemauan dan tindakan. Awali dengan niat ibadah ...
  • Karya Indonesia
    Karya Indonesia Puisi Sosial Keponakan Kembar Puisi Sejarah Siapa Dalang Wanataka Puisi Jawa Cinta...
  • Makalah SISTEM INFORMASI KESEHATAN UNTUK IDU’S
    SISTEM INFORMASI KESEHATAN UNTUK IDU’S DI KABUPATEN MADIUN   Disusun oleh: Dalang Wanataka PRODI S1 KESEHATAN MAS...
  • Karya Indonesia
    Karya Indonesia Puisi Putus Cinta (Cerai) Posted: 18 Apr 2014 02:14 AM PDT Bila orang ingin menya...
  • webmuara
    webmuara Pengertian Puisi Inikah Puisi Apa Itu Puisi Puisi Alam Kudaki Gunung Puisi Pendidikan Pah...
Copyright © 2014 Judeg - All Rights Reserved
Design by Karya Indonesia - Powered by Blogger